Slider

Recent Videos

Travel

Islami

Recomended

» » » 11 Taman Nasional Dari Seluruh Dunia Untuk Pilihan Wisata Alam

Taman Nasional adalah taman yang digunakan untuk tujuan konservasi. Seringkali merupakan cadangan alam, semi-alami, atau lahan yang dikembangkan yang dinyatakan atau dimiliki negara berdaulat. Meskipun masing-masing negara menunjuk taman nasional mereka sendiri secara berbeda, ada gagasan umum: konservasi 'alam liar' untuk anak cucu dan sebagai simbol kebanggaan nasional. Sebuah organisasi internasional, Persatuan Internasional untuk Pelestarian Alam (IUCN), dan Komisi Dunia untuk Kawasan Lindung, telah mendefinisikan "Taman Nasional" sebagai jenis kawasan lindung Kategori II.

Berikut adalah 11 Taman Nasional dari seluruh dunia yang mungkin menjadi pilihan Anda untuk mengunjunginya:

1. Great Basin National Park

Sumber gambar: https://www.nps.gov/grba/

Great Basin National Park adalah Taman Nasional Amerika Serikat yang terletak di White Pine County di timur-tengah Nevada, dekat perbatasan Utah, didirikan pada tahun 1986. Kota kecil Baker, adalah pemukiman terdekat ke taman.

Taman ini mendapatkan namanya dari Great Basin, wilayah kering dan pegunungan antara Sierra Nevada dan Pegunungan Wasatch. Secara topografi, area ini dikenal sebagai Basin dan Range Province. Taman ini terletak sekitar 290 mil (470 km) utara Las Vegas.

2. Chitwan National Park

Sumber gambar: http://www.chitwannationalpark.gov.np/

Taman Nasional Chitwan (Sebelumnya Royal Chitwan National Park) adalah taman nasional pertama di Nepal. Didirikan pada tahun 1973 dan diberikan status sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1984. Wilayah ini meliputi area seluas 932 km2 (360 sq mi) dan terletak di dataran rendah Teras Dalam bagian tengah Nepal bagian selatan di distrik Nawalparasi, Parsa , Chitwan dan Makwanpur. Di ketinggian itu berkisar dari sekitar 100 m (330 kaki) di lembah sungai hingga 815 m (2.674 kaki) di Perbukitan Churia.

Di utara dan barat kawasan lindung, sistem sungai Narayani-Rapti membentuk batas alami bagi permukiman manusia. Berdampingan dengan timur Taman Nasional Chitwan adalah Taman Nasional Parsa, bersebelahan di selatan adalah Taman Nasional Indian Tiger Reserve Valmiki. Kawasan lindung koheren seluas 2.075 km2 (801 sq mi) merupakan Unit Konservasi Harimau (TCU) Chitwan-Parsa-Valmiki, yang mencakup blok raksasa padang rumput aluvial seluas 2,549 km2 (1,370 sq mi) dan hutan hujan subtropis basah.

3. Nairobi National Park

Sumber gambar: https://mambo.hypotheses.org/446

Taman Nasional Nairobi adalah taman nasional di Kenya. Didirikan pada tahun 1946, taman nasional itu adalah yang pertama di Kenya. Terletak sekitar 7 kilometer (4 mil) di selatan pusat Nairobi, ibukota Kenya, dengan pagar listrik yang memisahkan satwa liar taman itu dari kota besar. Pencakar langit Nairobi dapat dilihat dari taman. Kedekatan lingkungan perkotaan dan alam telah menyebabkan konflik antara hewan dan penduduk setempat dan mengancam rute migrasi hewan.

Namun, meskipun kedekatannya dengan peradaban dan ukurannya yang relatif kecil untuk taman nasional Afrika, Taman Nasional Nairobi memiliki populasi satwa liar yang besar dan beragam. Migrasi herbivora berkumpul di taman selama musim kering, dan ini adalah salah satu tempat perlindungan badak paling sukses di Kenya.

4. Dorrigo National Park

Sumber gambar: https://www.nationalparks.nsw.gov.au

Dorrigo National Park adalah taman nasional di New South Wales, Australia, 580 kilometer (360 mil) utara Sydney di Dome Road dari Waterfall Way, 5 kilometer (3,1 mil) timur dari kota Dorrigo.

Taman ini adalah bagian dari Grup New England dari Situs Warisan Dunia Gondwana Rainforests of Australia yang ditulisi pada tahun 1986 dan ditambahkan ke Daftar Warisan Nasional Australia pada tahun 2007. Daerah yang dilindungi oleh taman ini diakui karena keindahan alamnya yang luar biasa dengan habitat yang signifikan dari luar biasa.

5. Congaree National Park

Sumber gambar: https://www.nps.gov/cong/

Congaree National Park adalah taman nasional Amerika di tengah Carolina Selatan. Taman ini menerima penunjukan resminya pada tahun 2003 sebagai puncak dari kampanye akar rumput yang dimulai pada tahun 1969. Taman ini mempertahankan hutan hujan terbesar yang masih tersisa di Amerika Serikat. Pohon-pohon yang subur tumbuh di hutan dataran banjirnya adalah beberapa yang tertinggi di Amerika Serikat bagian timur, membentuk salah satu dari kanopi hutan bermentid sedang yang tersisa di dunia. Sungai Congaree mengalir melalui taman. Sekitar 15.000 acre (23,4 sq mi; 60,7 km2) ditetapkan sebagai area hutan belantara.

Taman ini sepenuhnya berada di dalam Kompleks Banjir Sungai Congaree dengan endapan pasir, lumpur, dan tanah liat. Muck dan gambut adalah produk pembusukan vegetasi. Sungai berliku-liku sungai telah menghasilkan danau oxbow yang khas. Utara dari taman adalah Patahan Augusta Regional NE-SW dan Kompleks Teras yang terdiri dari teras fluvial Pliosen. Selatan taman adalah Southern Bluffs, yang telah mengikis sejak Pleistocene Akhir. Bagian barat taman adalah Jalur Musim Gugur dan Piedmont.

6. Ba Bể National Park

Sumber gambar: https://daytourshanoi.com/

Taman Nasional Ba Bể adalah sebuah cagar di Provinsi Bắc Kạn, wilayah Timur Laut Vietnam, yang didirikan untuk melindungi danau air tawar (Danau Ba Bể) bersama dengan hutan batu gamping dan hutan dataran rendah di sekitarnya. Terletak sekitar 240 kilometer barat laut ibu kota Hanoi.

Ba Bể National Park didirikan pada tahun 1992, mencakup area seluas 100,48 km2. Fasilitas termasuk pusat informasi, rumah tamu, stasiun pengelolaan danau, dan stasiun penelitian ekologi dibuka pada tahun 2004.

7. Royal National Park

sumber gambar: https://www.australia.com/en/

The Royal National Park adalah taman nasional yang dilindungi yang terletak di Sutherland Shire di negara bagian Australia, New South Wales, tepat di selatan Sydney. Taman nasional seluas 151 kilometer persegi berjarak sekitar 29 kilometer (18 mil) di selatan kawasan pusat bisnis Sydney dekat lokasi Loftus, Otford, dan Waterfall.

Merupakan taman nasional kedua di dunia (setelah Yellowstone di Amerika Serikat), dan yang pertama memiliki "Taman Nasional" sebagai bagian dari namanya. Didirikan oleh Sir John Robertson, Penjabat Premier New South Wales, dan secara resmi diproklamirkan pada 26 April 1879. Taman ini ditambahkan ke Daftar Warisan Budaya Australia pada Desember 2006.

8. Marakele National Park

Sumber gambar: http://www.nature-reserve.co.za/

Marakele National Park (dikenal untuk waktu yang singkat setelah didirikan pada tahun 1994 sebagai Taman Nasional Kransberg) adalah Taman Nasional yang merupakan bagian dari Waterberg Biosphere di Provinsi Limpopo, Afrika Selatan.

Daerah yang sekarang merupakan Marakele adalah rumah bagi beberapa permukiman zaman-besi yang belum terbuka untuk dilihat publik. Sebelumnya ke pondasinya sebagai Taman Nasional, itu adalah rumah bagi naturalis Eugene Marais. Marakele didirikan sebagai Taman Nasional Kransberg pada tahun 1994 dengan pembelian 150 kilometer persegi (58 sq mi), dan tidak lama setelah diganti namanya menjadi nama saat ini. Pada tahun 1999, taman itu telah diperluas menjadi 670 kilometer persegi (260 sq mi).

9. Yosemite National Park

Sumber gambar: https://www.nps.gov/yose/

Taman Nasional Yosemite adalah taman nasional Amerika Serikat yang terletak di sebelah barat Sierra Nevada, California. Taman, yang dikelola oleh Layanan Taman Nasional AS, mencakup area seluas 747,956 acre (1.168.681 sq mi; 302.687 ha; 3.026,87 km2). Ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1984, Yosemite secara internasional diakui untuk tebing granit, air terjun, sungai yang jernih, hutan sequoia raksasa, danau, gunung, padang rumput, gletser, dan keanekaragaman hayati. Hampir 95% dari taman ini ditetapkan sebagai hutan belantara.

Rata-rata, sekitar 4 juta orang mengunjungi Yosemite setiap tahun, dan sebagian besar menghabiskan sebagian besar waktu mereka di 5.9 mil persegi (15 km2) dari Lembah Yosemite. Taman ini menetapkan rekor kunjungan pada tahun 2016, melebihi 5 juta pengunjung untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

10. Canyonlands National Park

Sumber gambar: https://utah.com/canyonlands-national-park

Taman Nasional Canyonlands adalah taman nasional Amerika yang terletak di Utah tenggara dekat kota Moab. Taman ini mempertahankan lanskap warna-warni yang terkikis menjadi ngarai, mesa, dan buttes yang tak terhitung jumlahnya di Sungai Colorado, Sungai Hijau, dan anak sungai masing-masing. Legislasi yang menciptakan taman itu ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Lyndon Johnson pada 12 September 1964.

Taman ini dibagi menjadi empat distrik: Pulau di Langit, Jarum, Labirin, dan sungai gabungan — Green dan Colorado — yang mengukir dua lembah besar ke Dataran Tinggi Colorado. Sementara daerah-daerah ini berbagi atmosfer gurun primitif, masing-masing mempertahankan karakternya sendiri. Pengarang Edward Abbey, seorang pengunjung yang sering berkunjung, menggambarkan Canyonlands sebagai "tempat magis yang paling aneh, indah, dan menakjubkan di bumi — tidak ada yang lain seperti itu di mana pun."

11. Connemara National Park

Sumber gambar: https://www.mylittleadventure.com/

Connemara National Park adalah salah satu dari enam taman nasional di Republik Irlandia yang dikelola oleh Taman Nasional dan Layanan Satwa Liar dari Departemen Seni, Warisan dan Gaeltacht. Kota ini terletak di sebelah barat Irlandia di County Galway.

Connemara National Park didirikan dan dibuka untuk umum pada tahun 1980. Ini memiliki 2.957 hektar gunung, rawa, padang rumput, padang rumput dan hutan. Pintu masuk terletak di sisi Cliffield Letterphack. Ada banyak sisa peradaban manusia di dalam taman. Ada kuburan abad ke-19 serta makam pengadilan megalitik berusia 4.000 tahun. Sebagian besar tanah pernah menjadi bagian dari real Kylemore Abbey.

Terimakasih atas kunjungan Anda di Go Bisnis Online, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa kembali di postingan selanjutnya.

Sumber referensi: https://en.wikipedia.org/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

  1. Huwow, keren2 ya. Kok ga ada Baluran? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk baluran insyaa Allah pada postingan-postingan selanjutnya

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar yang berhubungan dengan konten, komentar anonim, live link di dalam komentar, dan komentar yang mengandung link ke situs yang mengandung konten dewasa akan dihapus !!!