Slider

Recent Videos

Travel

Islami

Akhir Zaman

» » » Semangat Merdeka Dari Penjajahan Produk Import Dengan Belanja Online Produk Lokal Di Qlapa

Setelah cukup lama vakum dari aktifitas ngeblog karena berbagai kesibukan dan problematika kehidupan di dunia nyata, kali ini admin Go Bisnis Online kembali menyapa Anda melalui untaian kalimat demi kalimat yang terangkai dalam postingan kali ini.

qlapa.com merdeka produk indonesia

Ada sesuatu yang sangat menggelitik, sehingga tak tahan rasanya hanya berdiam diri untuk tidak ikut mengomentari kenyataan yang terjadi saat ini. Bukan, ini bukan tentang dunia politik yang juga memang sedang menghangat akhir-akhir ini. Terus terang, saya termasuk orang yang malas untuk mengomentari masalah politik yang bagi saya merupakan ajang untuk mengumbar janji para kandidat pemimpin di negeri ini.

Akan tetapi apa yang akan kita bicarakan kali ini juga termasuk hal yang bersifat urgent untuk ditindak lanjuti. Berangkat dari kesadaran diri sendiri, kemudian sebisa mungkin ikut menularkannya ke sahabat-sahabat kita yang lain. Karena ini penting, penting untuk kemajuan perekonomian negeri ini.

Penjajahan Produk Import Terhadap Belanja Online Di Indonesia

Sadarlah, negeri ini masih terjajah. Memang benar, secara politik negeri ini sudah merdeka sejak 73 tahun yang lalu, namun secara ekonomi kita masih belum sepenuhnya merdeka. Bayangkan, sebagian besar produk yang kita pakai adalah produk import, bukankah itu artinya kita belum sepenuhnya merdeka?

Ya, masih belum sepenuhnya merdeka ketika ada produk lokal serupa sedangkan kita masih memilih produk import dengan alasan lebih branded, lebih terkenal, lebih wah dan lain-lain. Inilah yang menjajah kita, pola pikir kita sendiri yang memandang produk lokal selalu dalam bayang-bayang produk import. Padahal, kenyataanya secara kualitas tidak jauh berbeda dan bahkan sama. Mungkin kita belum banyak yang tahu bahwa ada banyak produk lokal di Indonesia yang berkualitas dunia. Dan saat ini dengan sangat mudah bisa kita temukan di Qlapa.com.

Seperti data yang tercatat di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2017 pengguna internet di Indonesia sebesar 143,26 juta orang. Dan Bank Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap nilai transaksi e-commerce di Indonesia yakni sebesar 10 triliun dari tahun 2016 yang sebesar 75 triliun hingga 2017 sebesar 85 triliun.

Namun sangat  disayangkan, dari total produk yang dijual secara online di Indonesia saat ini, 93-94% merupakan produk import, sedangkan produk lokal hanya berkisar 6-7%.

Penyebab Masalah Dan Langkah Untuk Menanggulangi

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab permasalahan tersebut, belum adanya regulasi dari pemerintah untuk membatasi penjualan produk import di setiap toko online adalah salah satunya. Di samping itu, hal yang tak kalah penting adalah kesadaran dari masyarakat kita sendiri untuk memilih produk lokal ketika berbelanja online.

Mari kita buang jauh-jauh pemikiran bahwa produk import selalu lebih berkualitas, lebih bermutu, lebih berkelas, lebih wah dan lain-lain dibanding produk lokal dari pemikiran kita. Karena hal ini belum tentu benar, karena faktanya ada banyak produk lokal yang lebih berkualitas, lebih unik, dan lebih bernilai dan berkelas dunia. Dan kita bisa menemukannya dengan mudah di Qlapa.com.

gratis ongkir qlapa.com

Kabar baiknya, saat ini Pemerintah sedang merencanakan pembatasan produk import yang dijual di toko online maksimal sebesar 20%, sedangkan 80% nya adalah produk lokal. Dan kita bisa ikut andil untuk mendukung rencana tersebut dengan mengambil langkah kecil, dengan mencintai produk lokal, dan lebih memilih produk lokal ketika sedang berbelanja online.

Perlawanan Qlapa.com Dengan Produk Lokal Terkurasi

Saat ini, satu-satunya toko online di Indonesia yang khusus menjual produk-produk lokal pilihan adalah Qlapa.com. Ada banyak pilihan produk-produk lokal yang dijual di Qlapa.com, dari pakaian, aksesoris, gadget, hadiah/souvenir, dekorasi rumah, kosmetik perawatan kecantikan dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting semua berkualitas dan terkurasi.

produk handmade dan kerajinan tangan asli indonesia

Hadirnya Qlapa.com, seolah menandai titik awal perlawanan negeri ini terhadap penjajahan produk import. Cukup dikenal sebagai Rumahnya Produk Handmade Indonesia, Qlapa.com adalah tempat kita untuk menemukan berbagai produk kerajinan tangan asli Indonesia yang bernilai dan berkualitas dunia, untuk berbagai keperluan seperti: Hadiah, sekedar untuk koleksi pribadi, dan berbagai keperluan gaya hidup.

Untuk mempermudah transaksi, download aplikasi Qlapa di Google Playstore.

Terimakasih atas kunjungan Anda di Go Bisnis Online, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. #MerdekaProdukIndonesia.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

12 komentar:

  1. aku suka buka2 Qlapa, barangnya lucu2 dan gratis ongkir, apalagi setelah tau semua asli buatan dalam negeri, semakin semangat belanja #eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bu, semoga semakin banyak masyarakat kita yang lebih mencintai produk lokal ketimbang produk import...

      Hapus
  2. Branded seakan jadi tolok ukur gengsi pemakainya, padahal yang dalam negeri juga tak kalah bagus mutunya, unik pula desainnya. Mestinya kita memilih produk buatan bangsa sendiri demi membantu bangsa ini bebas dari keterpurukan ekonomi. Qlapa bisa jadi alternatif sekaligus jembatan untuk saling menguntungkan antara produsen pada konsumen.
    SDemoga kian sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andai saja sebagian besar masyarakat kita berpikiran sepereti ibu, aamiin,, semoga saja ya bu...

      Hapus
  3. Sebenernya produk lokal itu banyak yang kualitasnya bagus, cuman kadang sedih sih sama mindset masyarakat yang masih memandang sepele produk lokal. Semoga dengan adanya Qlapa.com ini mindset masyarakat tentang produk lokal bisa jadi lebih positif lagi ya hehe 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali bu,
      semoga saja demikian ya bu :)

      Hapus
  4. Aku suka dengan konsep Qlapa yang mengkoordinir pengrajin lokal dalam satu wadah belanja online.
    Cakep-cakep kreasinya dan unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas Himawan, di samping cakep dan unik, kualitasnya juga mendunia. thanks ya :)

      Hapus
  5. Zaman sekarang makin banyak produk import merajai Indonesia, sudah seharusnya kita bisa membantu para UMKM lokal untuk bersaing dengan produk impor dengan membeli produk dalam negeri.

    Salut buat Qlapa yang ikut membantu produksi anak negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bu, dan langkah qlapa dalam hal ini patut kita dukung :)

      Hapus
  6. Walah aku suka nih kalo kaya begini. Betul sekali ya dengan punya portal olshop sendiri dengan brand dalam negeri memang seharusnya patut didukung. Aku udh liat , dan barang lokal gak kalah keren sama buatan luar. Tinggal masyarakatnya aja yg kompak dgn 100% indonesia. Insha Allah sejahtera ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bu, seperti itulah harapannya, perlu kesadaran dari masyarakat kita untuk mencintai produk lokal... aamiin...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar yang berhubungan dengan konten, komentar anonim, live link di dalam komentar, dan komentar yang mengandung link ke situs yang mengandung konten dewasa akan dihapus !!!